03 September 2014

Tutorial : muncul SSL ERROR pada chrome browser

ssl error
Sumber gambar diambil dari forum sebelah ^_^
Dua hari terakhir aku bingung dan sedikit jengkel dengan masalah komputerku, mengapa? Udah susah-susah beli kartu perdana baru isi pulsa baru dan daftar paket internet unlimited baru eeeeee ternyata setelah bisa konek dengan internet terjadi masalah hak akses pada browser google chrome-ku.
Bingung, sempat prustasi ingin menginstal ulang operating sitem kompi tapi sayang ! Tapi aku masih ga bisa berselancar di dunia maya dengan leluasa karena dibatasi jika mengunjungi situs yang menggunakan SSL atau biasanya sering kita jumpai alamat situs yang didepan nama domainnya ada HTTPS-nya (contoh: https://www.google.com, https://www.facebook.com) tidak bisa, HHHUUUUUUHhhhhh..
Masih berkutat pada rasa jengkel,, tiap kali berusaha mencari tutorial di internet tentang gimana caranya mengatasi ssl erros pada browser google chrome pasti tidak bisa, karena:
1. Mesin pencarian default pada browser yang saya pakai menggunakan google, alhasil aku di redirect pada halaman pemberitahuan SSL ERROR, Fiiuuhhhh...
2. Mencoba mencari tutorial yang berhubungan dengan topik ini dengan mesin pencarian selain google, alhasil masih saja saya di redirect ke halaman notifikasi SSL ERROR karena memang kebanyakan mesin pencari menggunakan SSL HTTPS karena alasan keamanan.
Hingga sampai akhirnya saya menemukan sebuah trik dari forum tetangga sebelah ^_- yang memaparkan satu, dua macam langkah mengatasi SSL ERROR ini, yaitu:
1. Dengan cara sedikit extreme dengan mengedit atau menambahkan paramater pada file "hosts" pada directory "C:\WINDOWS\system32\drivers\etc" (tanpa tanda petik).
2. Untuk cara yang kedua ini saya agak sedikit bingung alias tidak paham karena sang pemberi tutorial dalam forum tersebut hanya menyebutkan memasang perintah "-ignore-certificate-errors –allow-running-insecure-content" (tanpa tanda petik) pada shortcut-nya. Shortcut yang mana, sebelah mana ? ahh ga jelas !
Hingga keluar keputusan pada benakku bahwa cara diatas masih belum berhasil dan ternyata eh ternyata berkat ketekunan saya membaca satu persatu replays komentar-komentar pada topik di forum tersebut ada yang menyebutkan jika SSL ERROR yang terjadi pada browser google chrome disebabkan karena tanggal dan waktu pada komputer-ku tidak sesuai dengan saat ini sebenarnya yang seharusnya pukul 22.30 Wib tanggal 3 September 2014 lalu bergegas membenahi settingan waktu komputer saya dan alhasil aku sudah bisa mengunjungi situs yang ada "HTTPS"-nya.
Selanjutnya dalam benakku timbul pertanyaan mengapa settingan waktu pada komputer bisa berubah sendiri di pukul 07.00 Wib tanggal 7 januari 2001 ?
Jawabannya adalah  komputerku sudah berumur agak tua dan mungkin sudah saatnya mengganti batre bios-nya yang sudah mau abis/lemah atau bahkan harus diganti juga unit komputernya menjadi yang baru ^_^ xixixxi..
Semoga perjalanan tutorial ini menjadi inspirasi anda untuk bangkit dari keterpurukan seputar dunia informatika ya ^_^ hihihi..

Kategori yang lain :

1 comment:

  1. Itu ssl free apa beli gan? Wajib dedicated ip ya ?

    ReplyDelete

 
template minima edited by : ekhan